Pendampingan 1000 HPK bersama Ibu Nuraulia dan Adik Nurafifah

Oleh : IKA PUTRI RAMADHANI NUR | Pada : 17 Juni 2024 | Dilihat Sebanyak 31 Kali

Asalamualaikum warahamtullahi wabarakatuh. Perkenalkan saya Ika Putri Ramadhani Nur dengan NIM C011211117. Dalam program pendampingan 1000 Hari Pertama Kehidupan, saya bersama dengan kedua teman saya yaitu Dominique Jennifer Paoki dan Yoristia Mispa Buli memulai program pendampingan ini dengan mencari ibu hamil. Pada awalnya kami cukup kesulitan untuk mencari ibu hamil karena satu dan lain hal. Akan tetapi, setelah kami berkunjung ke salah satu Puskesmas di Kota Makassar akhirnya kami mendapatkan ibu hamil yang akan kami dampingi. Kami segera menghubungi Ibu hamil yang ternyata bernama Ibu Nuraulia dan setelah mendapatkan alamatnya, kami berkunjung langsung untuk menjelaskan mengenai pendampingan 1000 HPK dan meminta persetujuan Ibu Nuraulia. Alhamdulillah, ternyata Ibu Nuraulia juga setuju dan menyambut baik kedatangan kami. Pada pertemuan selanjutnya kami mendapatkan informasi mengenai Ibu Nuraulia yang saat itu usia kandungannya berada pada trimester ketiga. Kehamilan ini merupakan kehamilan yang pertama bagi Ibu Nuraulia dan dari informasi yang kami dapat ternyata Ibu Nuraulia dan suami telah menanti untuk mendapatkan buah hati selama 3 tahun. Ibu Nuraulia juga sangat aktif untuk memeriksakan diri dan kehamilannya dan Alhamdulillah beliau dalam kondisi yang sehat dan sangat antusias untuk bertemu dengan buah hatinya.

Pada kunjungan berikutnya kami bertemu juga dengan keluarga lainnya yang tinggal bersama Ibu Nuraulia yang terdiri dari Ayah, Ibu, dan dua saudara dari Ibu Nuraulia. Akan tetapi, kami tidak sempat bertemu dengan suami dari Ibu Nuraulia karena sedang bekerja. Keluarga dari Ibu Nuraulia juga sangat mendukung dan selalu membantu Ibu Nuraulia selama masa kehamilan dan hingga saat ini dalam merawat anak dari ibu Nuraulia. Ibu Nuraulia sendiri telah melahirkan seorang anak perempuan melalui seksio sesarea. Adik bayi tersebut bernama Nurafifah yang lahir cukup bulan dengan berat lahir dan panjang badan yang normal.

Dari informasi yang kami dapat dari Ibu Nuraulia ternyata Adik Nurafifah sempat diberikan susu formula sewaktu berumur 1 minggu karena ternyata Ibu Nuraulia sempat mengalami masalah berupa puting payudara lecet sehingga pada kunjungan tersebut kami menjelaskan bahwa hal tersebut bisa saja disebabkan teknik atau posisi menyusui yang kurang tetap dan beberapa solusi mengenai hal tersebut dan informasi lainnya dari Ibu Nuraulia bahwa setelah itu beliau segera melanjutkan kembali ASInya karena ternyata Adik Nurafifah tidak menyukai diberikan susu formula. 

Pada beberapa kunjungan kami hingga pada kunjungan terakhir atau yang kedelapan, Adik Nurafifah menunjukkan pertumbuhan dan perkembangan yang normal sesuai usianya dan pada kunjungan kami yang terkahir, adik Nurafifah yang telah berusia 6 bulan 15 hari sudah diberikan makanan pendamping ASI berupa bubur halus dan respons yang diberikan juga baik terhadap pemberian MP-ASI tersebut. Selain itu, Ibu Nuarulia juga sangat aktif membawa Adik Nurafifah untuk imunisasi. Kami juga bersyukur karena dari penuturan Ibu Nuraulia ternyata Ibu Nuraulia banyak mendapat berbagai infromasi baru yang bermanfaat yang sebelumnya belum diketahui.

Kami selalu berharap semoga Adik Nurafifah selalu diberikan kesehatan dan dapat terus bertumbuh dan berkembang dengan sehat ke depannya dan pada kesempatan ini, saya dan kedua teman saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Ibu Nuraulia dan Adik Nurafifah karena selama beberapa bulan ini telah mengizinkan kami melihat dan mendampingi Ibu Nuraulia dan Adik Nurafifah secara langsung dalam proses kehidupan mulai dari masih di dalam kandungan hingga saat ini dan juga atas berbagai ilmu dan pengalaman baru yang kami dapat selama pendampingan ini dan terima kasih juga kepada dokter pendamping yang selalu membimbing selama program pendampingan 1000 HPK ini
Sekian dari saya dan kurang lebihnya mohon dimaafkan dan Terima Kasih 🙏🏼



Leave A Reply