Pelatihan Mentor Program 1000 Hari Awal Kehidupan Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin

Oleh : Resha | Pada : 05 November 2014 | Dilihat Sebanyak 2997 Kali

Program mahasiswa tahun pertama Fakultas Kedokteran Unhas Makassar  yang telah diusung  dari tahun 2011 yang dikenal dengan nama program Satu Mahasiswa , Satu Ibu Hamil , Satu Bayi untuk 1000 hari awal kehidupan merupakan  program yang inovatif, menyenangkan, membangun empati dan tidak meninggalkan   konteks  akademik malahan dapat menjadi   bagian program pengabdian masyarakat sejak dini   , hal ini  disampaikan oleh . dr. Maisuri T. Chalid,Sp.OG  dalam pengenalan  tentang 1000 hari awal kehidupan  kepada  Delapan Puluh  Satu (81) Mahasiswa pada hari Sabtu,tanggal 18 Oktober 2014 di LT.5 ,dipersiapkan menjadi Mentor yang memberi tauladan pada adik adik mereka yang memasuki tahun pertama menjadi mahasiswa.
Dengan berbagai tayangan visual dimulai dengan  lagu Laskar Pelangi  yang mmberikan energi pagi hari samapai perkembangan  kesehatan  periode 1000 hari  , Periode emas yang diawali  sejak saat konsepsi ( Keluarga Berencana ), pertumbuhan Janin dalam rahim sampai  anak lahir dan mencapai umur  Dua Tahun akan menentukan  kualitas kesehatan lahiriah, jiwa dan emosi pada kehidupan selanjutnya diuraikan secara menarik dan memberikan inspirasi serta pemahaman pada para mahasiswa yang akan menjadi mentor.
Selain  itu , para mahasiswa yang akan menjadi mentor juga diberikan  tambahan ilmu dan wawasan  tentang Asuhan Antenatal oleh  Dr.dr. Deviana S. Riu, Sp.OG , Skrining Kehamilan Risiko Tinggi Oleh Dr. dr. Effendi Lukas, Sp.OG ,  Kesehatan  Pribadi, Keluarga dan Lingkungan oleh dr. Suryani Tawali ( Bagian IKM) , Penyakit penyakit yang dapat ditularkan didalam keluarga oleh dr. Sitti Wahyuni, Ph.D , Gizi Ibu Hamil oleh Prof. Dr.dr. Nurpudji Astuti, Sp.GK (K) dan Materi Keluarga Berencana dengan alat kontrasepsi dibawakan oleh Dr.dr. Mardiah Tahir,Sp.OG.
Acara ditutup langsung oleh Wakil Dekan III, Prof. dr. Nasrum Massi,Ph.D  dan Foto bersama para mahasiswa sebagai peserta pelatihan mentor dan para dosen pembimbing yang memberikan materi sebagai bekal mereka dalam mengabdikan diri pada masyarakat.  Sukses dan jadilah dokter yang baik, penuh pengabdian sebagai amal ibadah kepada masyarakat danBangsa Indonesia. (10RI)



Leave A Reply